Benarkah udara di daerah pegunungan hanya terasa segar ataukah memiliki pengaruh terhadap kesehatan?

Seorang peneliti yang mengukur tingkat anion dibeberapa tempat menyimpulkan sebagai berikut:

Tempat atau Daerah Kadar Anion
Hutan Rimba atau Air Terjun 50,000 Ion / cc
Pegunungan dan Pantai 5,000 Ion / cc
Piggiran Kota & Tempat Terbuka 700 – 1,500 Ion / cc
Taman di Kota 400 – 600 Ion / cc
Taman Kecil sebagai paru-paru kota 100 – 200 Ion / cc
Perumahan di dalam kota 40 – 50 Ion / cc
Ruang Tertutup dengan Air Conditioner 0 – 25 Ion / cc

Dikutip dari: http://health.groups.yahoo.com/group/dokter_umum/message/1723

Anion adalah ion dengan kandungan listrik negatif (elektron) yang menabrak molekul-molekul oksigen.

Kita merasa segar jika berada di hutan hal ini disebabkan oleh banyaknya anion di tempat itu. Pada keadaan atmosfir stabil, rasio antara anion dan ion-ion positif adalah 1:2. Umumnya, ion-ion positif banyak terdapat di daerah polusi dan anion banyak terdapat di daerah bersih alami.

5 Lima Fungsi Utama dari Anion

  1. Memurnikan Darah

Anion meningkatkan lima faktor utama dari darah (nitrogen, oksigen, kalsium, natrium, kalium) dan membuat darah kita menjadi sedikit alkali (basa) lalu darah kita dimurnikannya kembali.

  1. Menumbuhkan Kembali Sel-Sel

Tubuh kita terdiri dari 6 triliun sel-sel, dan jika tubuh kita mempunyai darah dengan jumlah anion (alkali) yang banyak, pergerakan sel-sel menjadi aktif dan anion membantu menyalurkan bahan nutrisi di antara sel-sel dan membuang bahan sampah (sisa pembakaran). Dengan proses ini maka sel-sel yang sakit dan sel-sel yang mati dapat dikembalikan dan terjadi peningkatan kalsium. Peningkatan kalsium ini menyebabkan pergerakan otot lebih aktif terutama otot jantung dan menghasilkan jantung yang kuat.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Gamma globulin adalah sejenis protein yang terdapat di serum dan merupakan suatu antibodi imun. Jika terjadi peningkatan jumlah anion pada tubuh manusia, maka jumlah gamma globulin dalam darah juga meningkat. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh melawan berbagai macam infeksi virus disertai peningkatan antibodi.

  1. Peningkatan Kemampuan Syaraf Otonom

Syaraf otonom secara otomatis mengatur semua organ tanpa kiat sadari. Jumlah anion yang dapat mengatur sistem syaraf otonom seperti darah dan organ dimana status atau perasaan dari tubuh manusia adalah baik. Di lain sisi, anion berperan penting pada sistem syaraf, darah dan limfa (kelenjar getah bening), dan juga dapat menguatkan fungsi yang melemah dan meningkatkan kebugaran (vitalitas).

  1. Menghilangkan Nyeri

Anion meningkatkan ionisasi kalsium, menghasilkan endorphin dan enkephalin yang dapat memulihkan rasa lelah dan memperkuat fisik. Secara tidak langsung hal ini dapat membuat sel-sel tubuh yang sakit menjadi sembuh, sirkulasi darah menjadi lancar, dan mampu menghilangkan nyeri.
(Dikutip dari tesis Dr. Cruiser dari U.C. berkeley dan Dr. Moore dari Universitas Michigan dan Dr. Yamano)

Karena itu semakin banyak kita menghirup udara di daerah pegunungan semakin banyak manfaat untuk kesehatan kita.

***

Disarikan dari:

http://www.elitha-eri.net/2008/08/11/anion/

http://health.groups.yahoo.com/group/dokter_umum/message/1723

FacebookTumblrTwitterLinkedInGoogle+PinterestShare